Cara-Menghilangkan-Darah-Beku-Secara-Alami

Cara Menghilangkan Darah Beku Secara Alami, Simak Disini!

Berikut cara menghilangkan darah beku secara alami, hanya dengan melakukan pola hidup sehat dan seimbang. Simak selengkapnya di artikel ini.

Ada beberapa cara menghilangkan darah beku secara alami yang bisa dipraktekkan oleh setiap orang tanpa harus pergi ke ahlinya. Tentu saja jika kasus yang dialami tidak begitu parah dan dirasa masih bisa ditangani sendiri.

Seperti yang telah diketahui jika darah beku merupakan proses alami guna menghentikan apabila tubuh mengalami pendarahan. Namun ada beberapa kasus mengenai darah beku yang terbentuk dalam pembuluh darah tanpa ada luka luar yang terjadi.

Hal tersebut perlu diwaspadai karena dapat mengindikasikan jika tubuh mengalami gangguan serius seperti trombosis Vena dalam maupun emboli paru. Dari sinilah cara menghilangkan darah beku secara alami akan sangat penting dilakukan, sebelum semuanya menjadi parah.

6 Cara Menghilangkan Darah Beku Secara Alami

Dalam praktiknya, ada beberapa siasat yang perlu dilakukan agar darah beku di dalam tubuh bisa larut sehingga mencegah pembentukan lebih lanjut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Minum Air Putih dengan Cukup

Sudah tidak diragukan lagi, minum air putih yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu sistem organ di dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Air putih yang masuk dalam tubuh dapat mencegah penggumpalan darah sehingga darah bisa tetap encer. Tentu saja hal ini merupakan cara menghilangkan darah beku secara alami yang cukup mudah. Setidaknya mengkonsumsi air putih 8 gelas dalam sehari agar membuat darah tetap encer dan tidak menggumpal.

  1. Makan Makanan Kaya Omega-3

Pembekuan darah dapat terjadi ketika seseorang mengalami peradangan dalam tubuh. Penting untuk dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya omega-3 akan dapat membantu tubuh terhindar dari peradangan dalam. Hal ini karena asam lemak omega-3 mempunyai efek antikoagulan sehingga jika dikonsumsi dengan cukup dapat mencegah pembekuan darah. Omega-3 dapat ditemukan dalam ikan salmon, makarel maupun sarden. Selain itu, biji rami dan kenari juga memiliki omega-3 yang cukup tinggi.

  1. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bahan-bahan yang ada di dapur juga dapat diandalkan untuk mencegah ataupun mengatasi pembekuan darah di dalam tubuh. Bawang putih misalnya, bumbu dapur yang mengandung senyawa allicin ini dapat mencegah platelet darah menggumpal. Menambahkan bawang putih dalam makanan sehari-hari dapat membantu mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

  1. Minum Teh Campur Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh, minuman teh Jahe juga dapat menjadi pengencer darah alami. Sifat anti inflamasi dan antikoagulan yang ada pada jahe bisa mengurangi pembentukan pembekuan darah dalam tubuh. Tentu saja minum teh campur jahe dapat menjadi alternatif yang baik ketika seseorang mengalami pembekuan darah. Jahe juga merupakan bahan alami yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Makan Buah-buahan

Cara lain untuk mengencerkan pembekuan darah di dalam tubuh ialah meningkatkan asupan buah-buahan. Beberapa buah seperti anggur, tomat dan beri-berian dapat mencegah pembekuan dalam darah karena kandungan flavonoid yang dimiliki dalam buah tersebut. Adapun buah juga dapat membuat jantung tetap sehat karena kandungan antioksidan yang tinggi. Jantung yang sehat akan membuat sirkulasi darah menjadi normal dan pembekuan darah dalam tubuh pun bisa dicegah.

  1. Beraktivitas Fisik Secara Teratur

Olahraga merupakan aktivitas penting bagi tubuh yang dapat menjadi salah satu cara menghilangkan pembekuan darah secara alami. Disaat seseorang berolahraga, sirkulasi darah yang normal akan terjadi. Hal tersebut akan mencegah dan mengatasi terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Cukup luangkan waktu 30 menit berolahraga dalam sehari seperti berjalan kaki ataupun bersepeda dapat membuat tubuh tetap fit dan terhindar dari penggumpalan darah yang bisa berakibat berbahaya.

Kesimpulan

Mengetahui cara menghilangkan darah beku secara alami dapat menjadi alternatif yang cukup membantu apabila orang khawatir dengan adanya penggumpalan darah di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, serta melakukan aktivitas seperti berolahraga dapat mengencerkan darah sehingga seseorang dapat terhindar dari masalah darah beku. Namun jika pembekuan darah belum bisa teratasi dengan melakukan tips-tips alami diatas, anda dapat mengkonsultasikan diri ke dokter.