Tanggal-Hari-Ibu-Sedunia

Tahukah Kamu Tanggal Hari Ibu Sedunia? Ketahui di Sini!

Apakah kamu tahu tanggal hari ibu sedunia? Nah, jika kamu belum mengetahuinya maka, yuk cari tahu dalam pembahasan berikut ini.

Hari Ibu sedunia atau yang sering disebut Mother’s Day merupakan hari yang penuh dengan dedikasi untuk menghormati dan merayakan peran sangat penting seorang ibu di dalam kehidupan.

Namun, apakah kamu mengetahui bahwa untuk perayaan hari ibu tentunya berbeda-beda di setiap negara? Nah, untuk itu pentingnya kita mengetahui tanggal berapa hari ibu sedunia. Simak sampai selesai ya.

Sejarah Hari Ibu Sedunia

Asal usul perayaan memperingati hari ibu sedunia dapat ditelusuri hingga zaman dahulu atau zaman kuno, ketika orang Yunani dan Romawi mengadakan festival yang menghormati dewi yang berhubungan dengan ibu dan juga kelahiran. Pada era sekarang yang dikenal untuk memperingatinya pada abad ke 20 di negara Amerika Serikat. Seorang dibalik gerakan ini bernama Anna Jarvis, sosok perempuan sedang mengenang ibunya yang telah meninggal dengan cara mengkampanyekan hari khusus bagi para ibu.

Anna Jarvis menggelarkan perayaan Mother’s Day pertama kali di geraja St. Andrew’s Methodist di Grafton, West Virginia. Berkat upaya dan usahanya. Hari ibu menjadi perayaan nasional di Amerika Serikat pada tahun 1914 setelah Presiden Woodrow Wilson menetapkan hari Minggu kedua bulan Mei sebagai hari sepesial ibu.

Perayaan Tanggal Hari Ibu Sedunia Berbagai Negara

Walaupun Mother’s Day di rayakan oleh banyak negara pada hari Minggu kedua bulan Mei, ada beberapa negara yang merayakan pada tanggal yang berbeda seperti negara Inggris Raya dan Irlandia. Hari sepesial ibu dikenal sebagai Mothering Sunday dan di rayakan pada hari minggu ke 4 selama masa Prapaskah jatuh di bulan Maret.

Negara seperti Spanyol dan Portugal, Mother’s Day dirayakan di hari Minggu pertama pada bulan Mei. Sementara itu negara Indonesia hari ibu sedunia tanggal 22 desember yang berbeda dengan hari spesial Ibu sedunia. Tanggal ini dipilih bukan tanpa alasan, tangal ini dipilih untuk memperingati kongres perempuan Indonesia pertama di tahun 1928.

Negara Rusia merayakan Mother’s Day di hari minggu terakhir bulan November. Sementara negara Israel Mother’s Day telah berubah menjadi hari keluarga dan diselenggarakan di tanggal 30 Shevat dalam kalender Ibrani.

Tradisi dan Cara Merayakan Mother’s Day

Tentunya untuk cara merayakannya berbeda-beda di setiap negara. Budaya Amerika anak-anak biasanya mengucapkannya dengan cara memberikan kartu ucapan, bunga, atau juga hadiah kepada ibu mereka sebagai bentuk kasih dan sayang.

Negara Meksiko merayakan Mother’s Day sering melibatkan pesta satu keluarga besar dengan makanan tradisional. Selain itu, di Jepang bunga anyelir merah sering diberikan kepada ibu sebagai simbol cinta dan kasih sayang.

Apabila kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih detail, kalian juga dapat mengunjungi situs grandcatchmn ya.

Penutup

Jadi dari penjelasan di atas tentunya kamu mengetahui perayaan tanggal hari ibu sedunia dan cara merayakannya di negara Indonesia dan juga berbagai negara lainnya.