Penataan Lingkungan Kerja dan Lingkungan Usaha Kerajinan Batik, Dusun Girilaya, Wukirsari, Imogiri, Bantul

PENATAAN LINGKUNGAN KERJA DAN LINGKUNGAN USAHA KERAJINAN BATIK, DUSUN GIRILAYA, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL

(oleh: Ir. Titi Handayani, M.Arch.)

 

  1. LATAR BELAKANG

    Girilaya adalah salah satu dusun di desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Dusun ini terletak di sebelah timur laut makam raja-raja Imogiri. Di dekat dusun ini, tepatnya di dusun Cengkehan, terdapat makam Sunan Cirebon. Secara geografis, dusun Girilaya merupakan daerah yang berbukit. Sekitar 10% wilayah Girilaya merupakan area permukiman penduduk yang dihuni lebih dari 100 KK, selebihnya berupa kebun dan hutan.

    Karena kedekatan lokasinya dengan makam raja-raja Imogiri, kaum perempuan Girilaya di masa lalu telah memulai kegiatan membatik yang mereka pelajari dari Kraton Yogyakarta dan Surakarta. Dalam perkembangannya, mereka kemudian menjadi pemasok batik bagi pihak Kraton. Tentu saja motif yang mereka kerjakan adalah motif yang digunakan oleh keluarga Kraton, yang saat ini dapat disebut motif klasik atau tradisional, seperti Wahyu Tumurun, Sida Mukti, Sida Asih, Semen Rama, dan lain sebagainya.

    Hampir semua perempuan di Girilaya, baik ibu rumah tangga maupun remaja putri, dapat membatik meskipun dengan kadar kemampuan yang berbeda-beda. Sebelum terjadinya gempa bumi pada tahun 2006 yang lalu, para perempuan Girilaya hanyalah buruh batik. Mereka menghasilkan batik setengah jadi, yaitu kain mori yang sudah berpola atau digambari dengan menggunakan canthing dan malam (lilin khusus untuk membatik). Mereka tidak menghasilkan batik jadi, karena mereka tidak melakukan proses pewarnaannya. Pada umumnya mereka mendapat pekerjaan membuat batik setengah jadi tersebut dari para pengepul, dan para pengepul itulah yang memprosesnya serta menyetornya kepada para juragan. Tentu saja penghasilan para buruh batik Girilaya sangat kecil dibanding  dengan harga batik yang sangat mahal yang dipasarkan oleh para juragan.

    Pada tahun 2007, para pembatik Girilaya mendapat bantuan pendampingan melalui Program Yogyakarta and Central Java Assistance (YCAP) yang merupakan Kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia. Dalam program yang berfokus pada perempuan dan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut, masyarakat didampingi oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pelestarian pusaka budaya, yaitu Jogja Heritage Society.

    Selama 10 bulan pendampingan yang kemudian diperpanjang selama 10 bulan lagi, para pembatik dilatih untuk melakukan seluruh proses, mulai dari membuat desain batik, membatik, mewarna, mengemas, dan memasarkan. Dalam program tersebut mereka membentuk empat Kelompok Usaha Bersama dan berlatih untuk merencanakan dan menjalankan usaha kerajinan batik secara mandiri.

    Masing-masing kelompok diberi bantuan dana untuk membangun bengkel kerja dan showroom untuk penjualan batik, serta perlengkapan proses pewarnaan termasuk instalasi pembuangan limbah batik. Dalam perkembangannya, dusun ini seringkali mendapat kunjungan tamu untuk menjelajahi desa dan belajar membatik meski dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, dusun ini perlu mempersiapkan diri baik dalam hal peningkatan kualitas produksi batik maupun peningkatan kualitas lingkungannya karena bukan mustahil dusun ini akan menjadi dusun batik yang menjadi obyek wisata minat khusus.

     

  2. < >

    TUJUAN DAN SASARAN

    Penyuluhan dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:

  3. Memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta mengenai pentingnya menciptakan lingkungan yang nyaman, sehat, dan aman untuk bekerja

  4. Memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta mengenai pentingnya menciptakan lingkungan usaha yang nyaman dan menarik bagi para pengunjung

     

  5. < >

    Manfaat penyuluhan ini bagi para peserta adalah memberi inspirasi untuk menata lingkungan kerja dan lingkungan usaha mereka menjadi lebih baik, lebih aman, sehat, dan nyaman. Dengan demikian hal ini akan berdampak pada kenyamanan dan kesehatan lingkungan desa secara keseluruhan.

Administrator

Ditulis oleh administrator web http://atykpn.ac.id/

Web: http://atykpn.ac.id/

Tentang Kampus

Arsitektur YKPN (Yayasan Keluarga Pahlawan Negara)

Head Office

  • Jl. Gagak Rimang No.1 Balapan, Yogyakarta 55222

    Phone : 0274-587469; Fax. 0274-540337

    Email : atykpn@yahoo.com