Penyuluhan tentang Dapur Rumah Tinggal yang Sehat dan Nyaman

PENYULUHAN TENTANG DAPUR RUMAH TINGGAL YANG SEHAT DAN NYAMAN

(oleh: Ir. Titi Handayani, M.Arch.)

 

  1. Latar Belakang

    Dapur adalah bagian penting dalam sebuah rumah tinggal karena dapur adalah ruang kerja pokok bagi seorang ibu. Banyak hal yang dikerjakan dan dipersiapkan di dapur. Dahulu, rumah-rumah tradisional ada yang menempatkan dapur pada posisi yang cukup sentral dalam rumah tinggal.

    Rumah-rumah lama terutama di Jawa Tengah, biasanya memiliki dapur yang cukup luas karena dapur juga merupakan ruang yang multi fungsi. Selain fungsi utama sebagai tempat menyiapkan makanan, dapur juga berfungsi sebagai gudang penyimpanan bahan makanan, seringkali dapur juga berfungsi sebagai ruang makan. Bahkan dapur dibuat cukup luas agar dapat difungsikan untuk tempat bermain anak-anak ketika ibunya memasak. Demikian pula karena pada masa lalu masyarakat menyediakan (memasak) sendiri makanan ketika mereka mempunyai hajat (pernikahan, dll), maka dapur menjadi area memasak yang dapat menampung banyak orang.

    Pada masa lalu, dapur yang luas biasanya dipenuhi dengan almari besar, amben atau tempat duduk yang luas yang digunakan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak, serta tungku dengan kayu bakar. Pada masa kini mengingat keterbatasan ruang, dapur hanya menempati ruang yang kecil dan sempit. Lemari di bawah meja kerja dan lemari/rak gantung adalah perabot dapur yang didesain untuk mengatasi keterbatasan ruang tersebut.

    Pada masyarakat modern, seringkali ada dua jenis dapur, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Dapur bersih adalah dapur yang biasanya tidak digunakan untuk masak besar yang sering menimbulkan banyak sampah/kotoran. Dapur bersih dibuat seperti dapur kecil (kitchenette atau pantry) dan seringkali hanya sebagai “pajangan” dan tidak pernah atau sangat jarang digunakan. Sedangkan dapur kotor adalah area kerja pembantu yang biasa menggunakan setiap hari. Letak dapur kotor biasanya tersembunyi dari area yang bisa diakses oleh tamu.

               

  2. < >

    Tujuan Dan Sasaran

Penyuluhan dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya menciptakan dapur rumah tangga yang aman, sehat, dan nyaman

  2. Memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya menciptakan dapur rumah tangga yang rapi dan indah

 

Sasaran kegiatan penyuluhan ini adalah ibu-ibu anggota Ikatan Keluarga Akademi Akuntansi (IKAA) YKPN Yogyakarta.

                                   

  1. < >                                                                       

     

    1. Materi Yang Diberikan

    Materi yang diberikan adalah:

    1. Perlengkapan dapur

    2. Tata letak (layout) dapur, meliputi:

    3. Jenis-jenis kegiatan di dapur

         Ada banyak jenis kegiatan yang dilakukan ketika orang berada di dapur, yaitu: persiapan memasak, memasak, menyiapkan, dan menyajikan, menyingkirkan, mencuci, dan menyimpan alat-alat

    • Persyaratan ergonomi

      Perabot/peralatan yang ergonomis adalah perabotan/peralatan yang dapat berfungsi dengan baik ketika digunakan dan nyaman bagi penggunanya. Hal ini terutama terkait dengan ukuran. 

    • < >

      Desain dapur, meliputi:

    • bentuk dan bahan

    • konstruksi dan finishing.

 

Administrator

Ditulis oleh administrator web http://atykpn.ac.id/

Web: http://atykpn.ac.id/

Tentang Kampus

Arsitektur YKPN (Yayasan Keluarga Pahlawan Negara)

Head Office

  • Jl. Gagak Rimang No.1 Balapan, Yogyakarta 55222

    Phone : 0274-587469; Fax. 0274-540337

    Email : atykpn@yahoo.com