Cara-Membedakan-Undangan-Digital-Asli-dan-Palsu

6 Cara Membedakan Undangan Digital Asli dan Palsu

Ketahui cara membedakan undangan digital asli dan palsu saat ini lumayan sulit dan tidak mudah dilakukan, simak informasinya di bawah ini agar lebih paham!

Cara membedakan undangan digital asli dan palsu saat ini lumayan sulit. Apalagi kini sudah ada peningkatan jumlah undangan digital yang dikirimkan melalui pesan teks, email, beserta platform media sosial.

Meski begitu, tetap ada beberapa tanda yang akan membantu pengguna membedakan undangan digital palsu dan asli. Untuk lebih jelasnya, patut membaca informasi kali ini.

Cara Membedakan Undangan Digital Asli dan Palsu

Pada dasarnya, membedakan undangan berbasis digital dan palsu perlu trik yang tepat. Agar tidak salah, bisa menyimak cara membedakan undangan berbasis digital asli dan palsu di bawah ini!

  • Alamat Email atau Domain

Biasanya, undangan digital asli akan dikirim dari alamat email Wedding Organizer atau perusahaan yang memiliki acara. Di mana domain email-nya konsisten dengan nama perusahaan yang mengadakan acara tersebut.

Sedangkan, undangan palsu dikirim dari alamat email yang tidak relevan dengan host acara. Oleh karena itu, sebaiknya harap selalu memperhatikan tanda-tanda seperti penamaan domain atau kesalahan ejaan yang tidak konsisten.

  • Konten Undangan

Undangan asli pasti akan menyediakan konten yang jelas, rapi, serta informatif. Bahkan, mencakup detail acara seperti waktu, lokasi, tanggal, serta informasi kontak host atau penyelenggara.

Sementara itu, untuk undangan palsu akan terlihat tidak teratur atau kasar. Sehingga informasinya tidak akurat atau tidak lengkap. Bahkan, juga mencantumkan lampiran atau link mencurigakan. Hal ini tentu bisa membahayakan keamanan data penerima.

  • Tautan atau Lampiran

Cara membedakan undangan berbasis digital asli dan palsu berikutnya, undangan asli akan menyertakan link ke situs platform pendaftaran online atau web resmi acara yang aman. Bahkan, juga telah menyertakan lampiran seperti gambar atau file PDF berkaitan dengan acara.

Sedangkan, undangan palsu seringkali memiliki tautan yang mengarah ke situs web tidak dikenal. Bahkan, juga menyertakan lampiran berbahaya yang mengandung malware atau virus.

  • Selaras dengan Acara

Undangan asli secara luas akan berkorespondensi dengan acara yang diikuti atau dikenal . Contohnya saja, undangan untuk pesta ulang tahun dari keluarga atau teman dan undangan resmi untuk acara konferensi industri yang telah diumumkan.

Sementara itu, untuk undangan palsu tampak tidak berkorespondensi dengan acara yang diikuti. Sehingga mengklaim keterlibatan dengan acara terkenal tanpa adanya bukti yang jelas.

  • Verifikasi Identitas

Apabila ragu dengan keaslian undangan berbasis digital, maka wajib hubungi penyelenggara atau host langsung guna memverifikasi. Lalu bisa menggunakan informasi kontak yang telah diberikan dalam undangan.

Kemudian, secara langsung bisa menghubunginya untuk melakukan konfirmasi detail acara. Sementara itu, jangan pernah mendownload atau mengklik link lampiran dari undangan digital yang mencurigakan. Apabila tidak yakin terkait keaslian undangan, maka bisa laporkan atau abaikan itu sebagai spam.

  • Konfirmasi RSVP

Seringkali, undangan digital asli berkaitan dengan opsi untuk mengkonfirmasi kehadiran atau RSVP. Hal tersebut bisa dilakukan melalui formulir online atau link aman yang tersedia oleh host atau penyelenggara.

Sementara undangan palsu pasti tidak akan berhubungan opsi untuk mengkonfirmasi kehadiran atau RSVP. Bahkan, sebagai syarat untuk mengikuti acara tersebut mungkin akan meminta informasi pribadi yang sensitif.

Kesimpulan

Oleh karena itu, dengan memperhatikan seluruh tanda di atas, bisa lebih paham terkait cara membedakan undangan digital asli dan palsu. Lalu, usahakan untuk selalu waspada terhadap undangan yang mencurigakan. Kemudian, verifikasi keasliannya sebelum akhirnya mengambil tindakan lebih lanjut.